Rupiah Tembus 10 ribu - USD-IDR chart - IHSG di MA200

Tidak terasa akhirnya setelah 5 tahun kembali rupiah menyentuh Rp 10.000 terhadap dollar amerika. lihat chart USDIRD dibawah

rupiah tembus 10 ribu


Pada chart 5 tahun diatas terlihat sejak 2009 rupiah menguat terus ke bawah 10 ribu dan sempat menyentuh angka 8 ribuan tahun 2011. tetapi setelah itu perlahan melemah terhadap USD dan akhirnya minggu ini menyentuh Rp 10 ribu lagi.

Banyak yang mengatakan bahwa ini diakibatkan akan dinaikannya harga BBM , tetapi yang lebih membuat trigger adalah menguatnya USD terhadap mata uang dunia. Artinya USD sedang kembali ke tempatnya sehingga USD menguat.

Beberap memicu hal ini diantaranya yang paling dominan adalah melambatnya data ekonomi china sementara data ekonomi Amerika membaik. terakhir adalah angka pengangguran di AS yang turun membuat optimisme ekonomi Amerika.




Tentu saja dengan melemahnya Rupiah maka saham akan turun karena investor asing akan rugi ketika mereka menukar hasil jualan saham ke USD. akibatnya saham banyak dijual asing dan tentu harga saham akan turun. IHSG sendiri sudah turun cukup dalam 2 minggu ini lebih dari 10% dan sudah menyentuh MA200 di level 4600 . Bila pertahanan MA200 ini jebol maka IHSG akan turun lebih dalam karena secara teoritis investor jangka panjang akan turut keluar dengan tembusnya support mereka.




Kita masih menunggu apakah support IHSG 4600 akan jebol dikarenakan melemhanya rupiah ini?






sponsored links




Terima kasih untuk Like/comment FB :