Fenomena paranormal di Indonesia tahun 2013

Belakangan ini kita dikejutkan dengan kembali dengan fenomena paranormal di Indonesia negeri di khatulistiwa ini. Tahun 2013 topik perdukunan banyak dibicarakan di media TV.

Bermula dari rencana revisi KUHP dengan memasukan pasal tentang santet. Pasal ini menuai kontroversi, pihak-pihak yang kontra mengatakan bahwa pasal ini sulit dibuktikan dan akan memicu kekerasan horizontal antar warga dengan orang-orang yang dituduh sebagai dukun santet seperti pernah terjadi di Banyuwangi di era reformasi 15 tahun lalu.

Sementara bagi yang Pro hal ini justru untuk melindungi masyarakat dari penipuan paranormal, dan melindungi dari perbuatan jahat orang yang mengaku dukun. Beberapa contoh kasus terjadi bahwa korban akhirnya dianiyaya oleh sang dukun ketika menjalani ritual. Dan beberapa kasus terbongkar setelah korban banyak berjatuhan, salahsatunya adlah korban dukun di sumatera utara yang telah menghilangkan korban 40 orang.

Tema paranormal semakin ramai di dunia media tanah air sejak Adi bing Slamet mengumumkan perang dengan Eyang Subur. Subur adalah paranormal yang telah menjadi Guru spiritual baia kebanyakan artis terutama dari srimulat. Adi dan beberapa korban penipuan mengangkat kasus ini dengan niat supaya tidak ada korban berjatuhan semakin banyak.

Masalahnya seperti jgua kasus dukun lainnya, hal ini sulit dibuktikan , sehingga meskipun para pihak telah melapor ke kepolisian tetapi kemungkinan tidak akan dapat dilanjutkan ke pengadilan karena minimnya bukti-bukti material.

Kita dapat menarik pelajaran dari kasus ini betapa masyarakat Indonesia masih terbelenggu dan mempercayai paranormal / dukun. Ini menanadakan lemahnya pendidikan mayarakat terutama pendidikan agama. Menjadi kewajiban bagi kita semua untuk meningkatkan pendidikan agar semakin sedikit korban perdukunan paranormal, dan agar keimanan anak-anak ?Indonesia terjaga dengan lurus.










sponsored links




Terima kasih untuk Like/comment FB :